Widget HTML #1

Pengertian dan Fungsi 7 OSI Layer

Assalamualaikum, Wr.Wb

     Selamat kembali lagi dengan saya disini, saya mau ngasih refensi apa sih itu Osi Layer...? oke ^-^ yuk simak bacaan di bawah.

A. Pengertian OSI Layer

    Layer OSI adalah model arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh Badan International Organization of Standardization ( ISO ) di wilayah Eropa pada tahun 1997. OSI nama kependekan dari nama aslinya yaitu Open System Interconnection. Model OSI biasa disebut dengan nama " Model Tujuh Lapis OSI".

7 OSI Layer dan Penjelasannya

B. Tingkatan Layer

Cara kerja 7 OSI Layer
  1. Upper : Application, Presentation, Session dan Transport.
  2. Lower  : Network, Data Link, dan Physical
    Dari tujuh lapisan layer OSI tersebut dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu Upper  ( Tingkatan Atas ), dan Lower ( Tingkatan Rendah ).

C. Fungsi dan Contoh 7 Lapisan Osi Layer

    1. Application
    Berfungsi untuk antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP dan NFS.

    2. Presentation
       Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor ( Redirektor Software ), seperti layanan Workstation ( dalam Windows NT ) dan juga Network Shell ( Semacam Virtual Network Computing ( VNC ) atau Remote Desktop Protocol ( RDP ). 

   3. Session
      Berfungsi medefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Nama lain biar mudah tuk memahaminya Komunikasi antar host. Contoh yang terdapat dalam layer ini adalah Net Bios protokol.

   4. Transport
      Berfungsi sebagai memecah data kedalam paket-paket data dengan berupa nomor urut, dari ujung ke ujung jaringan dan dapat ditransmisikan ulang terhadap paket yang hilang ditengah jalan. Contoh yang dilayer Transport adalah TCP ( Transmission Control Protokol ) dan UDP ( User Datagram Protokol ).

  5. Network
   Berfungsi sebagai mendefinisikan dan konfigurasi IP, nama lainnya dengn Routing IP jaringan. Dengan merouting ini kita menggunakan alat routing Router sebagai pengaturnya, dan Switch.

  6. Data-Link 
      Berfungsi sebagai menentukan bit-bit data yang dikelompokkan menjadi sebuah Format ( Frame ) dan sebagai Physical Addressing ( Pengalamatan Alamat ). Disini layer ini berperan dengan membaca dan menentukan jaringan dengan pengalamatan keras menggunakan MAC ( Media Access Control ) Address  sebagai perangkat jaringan seperti hub,bridge,repeater, dan Switch Layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak yaitu Lapisan Link Control ( LLC ) dan Lapisan Media Acces Control ( MAC ).

  7. Physical
    Berfungsi mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronasi bit, arsitektur jaringan ( seperti halnya Ethernet atau Token Ring ) topologi jaringan dan pengkabelan.Selain itu dilayer ini mendefinisikan bagaimana Network Interface card ( NIC ) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

D. Latar Belakang

   Mengetahui pengertian dan fungsing Osi Layer sebagaimana awal untuk mengawali pembelajaran Dasar Jaringan.

F. Maksud dan Tujuan

    Memahami dasar arsitektur jaringan dasar berupa apa saja sih..yang harus dipelajari

G. Hasil yang diharapkan

     Bisa mendalaminya dalam bentuk-bentuk arsitekturnya jaringan.

H. Alat dan Bahan

  1. Laptop atau elektronik lainya
  2. Internet
  3. Ebook

I. Referensi dan Daftar Pustaka

  • Ebook OSI Layer BLC TELKOM KLATEN.

J. Kesimpulan

   Dengan ini saya memami arsitektur jaringan dengan memahami lebih dulu apa itu Osi Layer dengan sudah memahami ini saya bisa menentukan tujuan selanjutnya untuk lebih memahaminya.

Waalaiakumsalam Wr.Wb
--Jangan lupa komentar dan kritik pedas Anda--
--Salam Anak TKJ--
--Ulin00--
Muhammad Ulin Nuha
Muhammad Ulin Nuha PEEKCODE CHANNEL YOUTUBE Developer Android | Networking | Konten Creator peekcode YT | Galery | Pecinta Sholawat |

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi 7 OSI Layer"