Pertanyaan Informatika SMK Kelas X (Informatika)
Pertanyaan : Apa persamaan dan perbedaan informatika fase SMP dengan Fase SMA?
Jawaban : Elemen mata pelajaran informatika sama, tetapi pembahasannya
akan lebih mendalam dan praktiknya lebih banyak menggunakan komputer dan
perkakas yang sesuai dengan bidang yang dipelajari.
Proyek yang dikerjakan lebih luas cakupannya, dan menuntut siswa menggali
permasalahan secara lebih mendalam, untuk merancang dan menghasilkan solusi
yang efektif dan efisien
Pertanyaan : Problem Solving? Jenis apa yang akan dilatih untuk diselesaikan pada Fase SMA?
Jika dalam fase sebelumnya persoalan lebih dikaitkan dengan persoalan seharihari, pada Fase SMA kita akan membahas kasus-kasus yang lebih bernuansa
informatika, artinya yang solusinya lebih mengarah ke solusi yang terprogram
(bisa dijalankan oleh komputer). Program komputer yang dibuat semasa fase
SMP lebih sebagai program kreativitas, sedangkan program komputer yang akan
dikembangkan di kelas X akan berupa program komputer yang akan berguna
untuk mendukung dalam memodelkan komputasi.
Pertanyaan : Apakah Informatika perlu untuk bidang sosial dan humanitas (soshum) dan seni?
Jawaban : Bidang sosial dan humanitas serta seni juga memerlukan komputer.
Kalaupun siswa tidak akan memilih karir menjadi pengembang sistem komputasi,
pengolahan data dalam suatu riset sosial akan membutuhkan perkakas pengolahan
yang pasti membutuhkan informatika. Perkakas informatika ini disederhanakan
antarmukanya sehingga pengguna bidang non informatika hanya perlu
memandang perkakas informatika sebagai black box. Artinya, pengguna bidang
informatika tidak perlu tahu detailnya, tinggal memakai seperti banyak pemakai
televisi atau kulkas tanpa perlu mengerti rangkaian elektronika di dalamnya. Akan
tetapi, memahami struktur dari perkakas dengan baik dan memahami logika
pengembangannya akan membantu pengembang perkakas. Sistem sosial banyak
dimodelkan dan disimulasikan, untuk mengkaitkan masa lalu, masa kini, dan masa
depan. Simulasi memungkinkan kita melakukan percobaan dengan mengubahubah parameter, dan melakukan “what if analysis” atau “Bagaimana jika…. “
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan matematika?
Jawaban : Matematika adalah akar dari informatika, terutama untuk bidang logika
dan matematika diskrit, statistika, dan analisis data. Informatika memadukan teoriteori matematika dan bidang lain dengan prinsip dan teori informatika, untuk
menghasilkan model komputasi yang dapat disimulasikan dengan komputer.
Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan ilmu pengetahuan alam?
Jawaban : Informatika akan menjadi alat berpikir saat mengembangkan modelmodel komputasi untuk bidang kimia, biologi, fisika, atau lainnya. Kemajuan sains banyak dicapai dengan kemajuan bidang informatika. Sebaliknya, kebutuhan pemodelan dan komputasi sains juga menyebabkan teknik untuk pengolahan, analisis dan interpretasi data bagi sains semakin baik.Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan engineering (rekayasa)?
Jawaban : Dalam proses rekayasa, insinyur insinyur menentukan kebutuhan, melakukan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian produk/artefak. Insinyur sipil akan menghasilkan berupa bangunan (gedung, jembatan, atau lainnya). Insinyur mesin menghasilkan mesin dan engine untuk berbagai alat mulai engine pesawat, mobil, atau alat rumah tangga sederhana. Praktik lintas bidang informatika memberi kesempatan siswa untuk melakukan praktik proses rekayasa, yang meliputi analisis, perancangan, implementasi dan pengujian sebelum mengembangkan produk/artefak komputasional.Pertanyaan : Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika? Apakah sama dengan SMP?
Jawaban : Ya, masih sama dengan saat fase SMP, siswa kelas X akan mengalami
pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat
pada siswa (Student Centered Learning/SCL), dan pembelajaran berbasis inkuiri
(Inquiry Based Learning/IBL).
Posting Komentar untuk "Pertanyaan Informatika SMK Kelas X (Informatika)"