Widget HTML #1

Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang berada dalam sebuah gedung, kantor,rumah, atau sekolah. Di materi ini kita akan belajar mengkonfigurasi service (layanan) yang umum digunakan pada jaringan LAN, yaitu: sharing file, sharing printer, dan web server. Dalam contoh ini kita akan mengggunakan PC dengan sistem operasi Windows 10.

Dalam membuat jaringan dengan Windows 10, kita perlu tahu konfigurasi dasar terlebih dahulu.Yang pertama adalah konfigurasi IP Address.

Buka Settings > Network and Internet > Change adapter options

Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)

Klik kanan pada interface yang akan kita konfigurasi IP. Kemudian pilih properties lalu pilih (double-click) Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4).


Ada dua pilihan dalam mengkonfigurasi IP Address yaitu statis dan dinamis. Jika kita memilih obtain automaticaly maka IP Address akan dikonfigurasi secara dinamis melalui DHCP, di sini PC kita perlu terhubung dengan DHCP Server. Akan tetapi jika ingin mengkonfigurasi secara manual,bisa memilih option ke dua, use the following ip address.

Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4) Properties

Selain konfigurasi IP address, dalam menjalankan Windows 10 sebagai server kita juga terkadang perlu menonaktifkan Windows Firewall agar service kita bisa diakses dari komputer lain. Cara menonaktifkan windows firewal, seperti biasa buka Settings > Network and Internet. Kemudian pilih Windows Firewall.

windows firewall

Lalu akan muncul jendela baru windows security, seperti di bawah ini.

windows security

Ada 3 firewall yaitu firewall untuk Domain network, Private network, Public network. 

Saat firewall domain network kita nonaktifkan, layanan pada kompter kita akan bisa diakses dari komputer yang memiliki domain sama dengan kita. Konfigurasi domain memerlukan window sserver.

Kemudian jika firewall private network kita nonaktifkan, maka layanan pada komputer kita akan bisa diakses dari komputer yang satu network address dengan komputer kita (satu segmen jaringan). 

Dan jika firewall public network yang dinonaktifkan, maka komputer kita bisa diakses dari mana saja, siapa saja, asal bisa terhubung dengan komputer kita. Untuk mematikannya klik saja salah satu networknya (domain, private, atau public network), pada bagian widows defender firewall kita switch dari On ke Off. Jika ada muncul notifikasi konfirmasi accept saja atau klik Yes.

Private Network

Sekarang kita akan memulai praktik konfigurasi layanan-layanan yang umumdigunakanpadajaringan LAN.

Muhammad Ulin Nuha
Muhammad Ulin Nuha PEEKCODE CHANNEL YOUTUBE Developer Android | Networking | Konten Creator peekcode YT | Galery | Pecinta Sholawat |

Posting Komentar untuk "Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)"