Widget HTML #1

Pengenalan Database (Basis Data Lanjut) | Teknik Informatika | Catatan Kuliah

Didunia perkuliahan jurusan sains dan teknologi di dunia Teknik Informatika tak lepas akan yang namanya Pengenalan Database (Basis Data Lanjut)dimana kita harus memang memahami konsep dalam database. Berbeda jika kita jurusan yang lain hanya mempelajari hanya sekedar teori belaka saja. maka dari itu saya membagikan bagi kalian yang memang benar ingin kuliah di Teknik Informatika ini saya saran membaca beberapa postingan saya yang memang masih menggunakan bahasa abstrak. Akan tetapi disini saya akan memang bebagi secara cuma-cuma untuk kalian karena saya anggap ini berguna bagi semua.
 

Pengenalan Database (Basis Data Lanjut) | Teknik Informatika | Catatan Kuliah

Belajar akan Pengenalan dari Makna Konsep Database:

Data:

Gambaran suatu fakta yang dapat berwujud angka, huruf, symbol, dll

Informasi:

Data yang telah diproses kemudian diolah sehingga memiliki manfaat yang bergun

Database:

Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah


2. Database Management System

Sistem manajemen database atau database management system (DBMS) adalah merupakan suatu sistem software yang memungkinkan seorang user dapat mendefinisikan, membuat, dan memelihara serta menyediakan akses terkontrol terhadap data.

Contoh Aplikasi DBMS :
MySQL
Oracle
Microsoft SQL Server 2000

3. Keunggulan Database Management System
 

Pengulangan Data Berkurang

Pengulangan data atau repetisi berarti bahwa kolom data yang sama (misal: alamat seseorang) muncul berkali-kali dalam file yang berbeda dan terkadang dalam format yang berbeda. Dalam sistem pemrosesan yang lama, file - file yang berbeda akan mengulang data yang sama sehingga memboroskan ruang penyimpanan.
 

Intregitas Data Meningkat

Integritas tidak akurat. dalam DBMS (Database Management System), berkurangnya pengulangan berarti meningkatkan kesempatan integritas data, karena semua perubahan hanya dilakukan di satu tempat.

3. Keunggulan Database Management System

Keamanan Data Meningkat

Meskipun berbagai departemen bisa berbagi pakai data, Namun akses ke informasi bisa dibatasi hanya untuk pengguna tertentu. Hanya dengan menggunakan password maka informasi finansial, medis, dan nilai mahasiswa dalam database sebuah universitas tersedia hanya bagi mereka yang memiliki hak untuk mengetahuinya.

Kemudahan Pemeliharaan Data.

DBMS (Database Management System) menawarkan prosedur standar untuk menambahkan, mengedit dan menghapus rekaman, juga untuk memvalidasi pemeriksaan untuk memastikan bahwa data yang tepat sudah dimasukkan dengan benar dan lengkap ke dalam masing - masing jenis kolom.  


Semoga Bermanfaat

Muhammad Ulin Nuha
Muhammad Ulin Nuha PEEKCODE CHANNEL YOUTUBE Developer Android | Networking | Konten Creator peekcode YT | Galery | Pecinta Sholawat |

Posting Komentar untuk "Pengenalan Database (Basis Data Lanjut) | Teknik Informatika | Catatan Kuliah"