Fudamental Python 2.7
Table of Contents
Apa itu Algoritma ?
- Manusia hidup dengan segala masalah. Karena hidup adalah serangkaian aktivitas menyelesaikan masalah.
- Masalah adalah pertanyaan atau tugas yang kita cari jawabannya.
- Prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah disebut Algoritma.
A. Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
adapun juga yang aku ambil dari beberapa arti diwikipedia.
Definisi lain algoritma:
- Algoritma : deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
- Algoritma : prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran.
- Algoritma : urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika
B. Sejarah Algoritma
- Kata “algoritma” tidak ada dalam kamus hingga tahun 1957. Hanya ada kata “algorism” yang berarti proses menghitung dengan angka arab.
- Kata algorism berasal dari nama penulis Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi.
- Perubahan kata menjadi algorithm muncul karena algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, maka lambat laun kata algorithm digunakan sebagai metode perhitungan (komputasi).



Struktur Algoritma ?
A. Struktur Algoritma berurutan
Ada tiga struktur dasar yang digunakan dalam membuat algoritma, yaitu: struktur berurutan atau sequencing , struktur pemilihan/keputusan/percabangan branching, dan struktur pengulangan looping. Sebuah algoritma biasanya akan menggabungkan ketiga buah struktur ini untuk menyelesaikan masalah.
Pada artikel ini kita akan membicarakan lebih dulu struktur algoritma berurutan. Struktur berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan pada jalur lurus yang tidak terdapat persimpangan seperti tampak pada gambar 5.5. Mobil tersebut akan melewati kilometer demi kilometer jalan sampai tujuan tercapai.
Contoh Struktur Algoritma Berurutan (Flowchart) :
Penulisan Flowchart (b) :
Dari contoh algoritma menghitung luas lingkaran, maka dapat digambarkan sebagai berikut:
Nama Algoritma | Menghitung _luas Lingkaran |
Deklarasi | R : integer; L : float; Pi = 3.14 : konstanta |
Deskripsi | Read(R); Pi = 3.14; L = Pi * R * R; Write(L); |
Struktur Algoritma Perulangan
- Dalam banyak kasus seringkali kita dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali.
- Salah satu contoh yang gampang kita jumpai adalah balapan mobil seperti tampak pada gambar ini Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai yang ditetapkan dalam aturan lomba. Siapa yang mencapai garis akhir paling cepat, dialah yang menang.
- Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan. Syarat ini biasanya dinyatakan dalam ekspresi Boolean yang harus diuji apakah bernilai benar (true) atau salah (false).
- Badan pengulangan (loop body), yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang.
Apa itu Pemrograman ?
Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses (processor), Menurut Les Goldschlager, suatu pemroses harus:
- Mengerti setiap langkah dalam algoritma
- Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut
- Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program
- Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program disebut bahasa pemrograman
- Orang yang membuat program komputer dinamakan pemrogram (programmer)
- Kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman
Belajar Memprogram dan Belajar Bahasa Pemrograman
- Belajar memprogram berarti mempelajari metode pemecahan masalah, kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalah dalam notasi tertentu (Inggriani L, 1996).
- Belajar Bahasa Pemrograman berarti belajar memakai bahasa komputer, aturan tata bahasanya, instruksinya, tata cara pengoperasiannya (Inggriani L, 1996).
Sejarah pemrograman
- Komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya mengenala kondisi arus listrik (jika ada arus maka 1, jika tidak ada arus maka 0).
- Bahasa pemrograman yang menggunakan sandi 0 dan 1 disebut bahasa mesin.
- Bahasa mesin sangat susah, maka dilambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan yang disebut bahasa assembly.
- Kemudian dikembangkan bahasa pemrograman generasi ketiga, biasanya menggunakan bahasa inggris, antara lain Basic, Pascal, C, C++, Python dll. Misal :
Writeln (‘Algoritma’);
- Generasi lanjutan yaitu bahasa pemrograman keempat digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data seperti SQL.
Bahasa Pemrograman dapat digolongkan menjadi dua kelompok:
Bahasa pemrograman bertujuan khusus
- Cobol = terapan bisnis dan administrasi
- Fortran = aplikasi komputer ilmiah
- Assembly = aplikasi pemrograman mesin
- Prolog = aplikasi kecerdasan buatan
- Dll.
Bahasa pemrograman bertujuan umum
- Pascal, Basic, C, C++, Python dll ( untuk berbagai aplikasi)
- Visual Basic, Foxpro, Java, Delphi
Maka Kita Belajar Python ?
- Python dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Lin ux, Unix, dan juga Windows.
- Pengurangan source program secara besar-besaran juga merupakan tujuan dibuatnya bahasa ini.
- Python sama seperti C, C++, Pascal, Java tujuannya untuk membuat program dengan berbagai keperluan.
TerimaKasih
Posting Komentar